Info Sekolah
Rabu, 17 Apr 2024
  • Visi: Beriman, Berilmu, Berakhlakul Karimah, dan Berwawasn Global

TUJUAN MADRASAH

  1. PROFIL MAN 2 LOMBOK TIMUR

    TAHUN PELAJARAN 2023/2024

     

    1. Pendahuluan

    Segala sesuatu yang tercipta di muka bumi ini tak lepas dari hukum kausalitas. Semua pasti memiliki latar belakang keberadaannya. Lebih-lebih hal itu menyangkut fasilitas umum dan  lokasi keberadaanya yang mungkin terkesan  sangat kontroversial (jika tidak boleh dikatakan absurd) seperti MAN 2 Lombok Timur ini.

    Menelisik latar belakang keberadaanya, membicarakan MAN 2 Lombok Timur tidak bisa dilepaskan dengan pembicaraan tentang MTs. N. 3 Lombok Timur. Hal ini bukan karena jenjang pendidikan sebagaimana keterkaitan siklus lembaga pendidikan pada umumnya ataupun bangunannya yang berdampingan tetapi karena keterikatan historis dan lokasi keberadaan ke kedua lembaga pendidikan negeri di Desa Beririjarak ini. Bahkan dapat dikatakan jika tidak ada MTs. N. 3 Lombok Timur  ( sebelumnya bernama MTs. Ittihadul Islamiyah ) di desa ini, mungkin lokasi MAN 2 Lombok Timur pun tidak berada di tempat ini.

    Selanjutnya  jika dilihat dari silsilah lahirnya, MAN 2 Lombok Timur dapat dikatakan sebagai “adik bahkan anak” dari MTs. N. 3 Lombok Timur ( padahal seharusnya sebagai kakak). Dikatakan demikian karena pada awalnya Madrasah Aliyah ini terlahir mewarisi nama MTs. (MTs. Ittihadul Islamiyah)  yang telah beralihnya pengelolaannya ke Pihak pemerintah hingga berubah nama menjadi MTs. Negeri Beririjarak ( Saat ini MTs, Negeri 3 Lotim). Setelah penyerahan pengelolaan MTs. Ittihadul Islamiyah dan telah berubah nama menjadi MTs. Negeri tersebut maka masyarakat mendirikan Madrasah Aliyah satu atap dengan MTs. Negeri Beririjarak yakni Madrasah Aliyah Ittihadul Islamiyah.

    1. Historika Keberadaan MAN 2 Lombok Timur

    Tanpa  keberadaan MTs. Negeri 3 Lombok Timur,  mungkin MAN 2 Lombok Timur tidak akan ada dalam peta sejarah pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Lokasinya  yang terkesan sangat kontroversial maupun musabab lain yang melatarbelakangi keberadaanya di tempat ini mengakibatkan statement ini terkesan tidaklah berlebihan.

    MAN 2 Lombok Timur  berlokasi di Dusun Beririjarak ( sekarang sudah menjadi desa definitif dan tetap memertahankan nama aslinya). Sebuah Desa yang berada di lereng Gunung Rinjani dan saat ini menjadi bagian dari lokasi ekowisata. Lokasi madrasah ini dapat dikatakan cukup jauh dari jantung Kota Kabupaten Lombok Timur. Setelah terjadi pemekaran wilayah, yang pada awalnya menjadi bagian dari wlayah kecamatan Aikmel, Desa Beririjarak masuk menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Wanasaba. Kemudian Jalur menuju madrasah ini tidak termasuk akses jalur transportasi umum sebagaimana keberadaan sekolah maupun madrasah negeri lain pada umumnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Oleh karena itulah, lokasinya mungkin terkesan kontroversial.

    Adapun keberadaan MAN 2 Lombok Timur yang pada akhirnya ditetapkan Desa Beririjarak ini  bukanlah karena memang direncanakan harus berada di tempat ini namun karena sulitnya mendapatkan izin atau persetujuan berbagai pihak di lokasi lain di seputaran Kabupaten Lombok Timur ketika pihak Departemen Agama Kabupaten Lombok Timur mendapatkan kesempatan pendirian madrasah negeri dari pemerintah pusat. Berdasarkan kondisi inilah maka Tokoh Pembaharu Kemajuan Masyarakat, sekaligus Tokoh Pendidikan, tokoh agama dan inisiator pendirian Madrasah Aliyah maupun  Tsanawiyah “Ittihadul Islamiyah (nama embrio MAN 2 dan MTs. N. 3 Lombok Timur)”, Drs. H. Anang Zainuddin mengajak tokoh-tokoh maupun sesepuh dusun setempat, terutama yang ikut terlibat dalam pendirian madrasah di Desa Beririjarak ( masih Dusun Beririjarak pada masa itu) untuk menyerahkan pengelolaan Madrasah Aliyah tersebut kepada Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Sejak Desa Beririjarak menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Wanasaba  itulah Madrasah Aliyah Ittihadul Islamiyah berubah nama menjadi Madrasah Aliyah Negeri Wanasaba di Kabupaten Lombok Timur sesuai SK Penegerian No.558 tahun 2003.

    Selanjutnya, Lahirnya Madrasah Aliyah ‘Ittihadul Islamiyah” yang merupakan embrio MAN 2 Lombok Timur ini juga bukan tanpa sebab namun lebih didasarkan pada keprihatinan pendiri dan tokoh-tokoh masyarakat setempat terhadap maraknya kawin usia dini di desa ini. “Kalau dulu, sebelum ada Madrasah Aliyah di Desa ini, gadis-gadis yang usia 20 tahun ke atas sangat langka di tempat ini. Kebanyakan pada usia ini sudah menggendong anak, bahkan tidak sedikit yang sudah berkeluarga pada usia yang sangat muda”, ungkap Pelopor berdirinya MAN 2 Lombok Timur, Drs. H. Anang Zainuddin  pada sambutan  acara peletakan batu pertama renovasi gedung MTs. N. 3 Lombok Timur). Menurut analisanya pula, penyebab maraknya kawin usia muda saat itu bukan semata-mata karena mereka semua ingin kawin muda melainkan karena kompleksitas persoalan yang dihadapi untuk melanjutkan pendidikaanya. Di antaranya keterbatasan kemampuan perekonomian keluarga dalam menopang kelanjutan pendidikannya, ketiadaan sekolah maupun madrasah lanjutan di desa setempat, dan jarak tempuh pendidikan lanjutan di tempat lain cukup jauh. Inilah beberapa di antara faktor lainnya yang mendasari didirikannya madrasah aliyah di dusun Beririjarak Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur.

    Kemudian, secara metamorphosis, MAN 2 Lombok Timur pada awalnya bernama Madrasah Aliyah “Ittihadul Islamiyah” yang didirikan sekitar tahun 1998. Nama ini merupakan warisan dari MTs. Ittihadul Islamiyah (sebelum menjadi MTs. N. Beririjarak, MTs. N. Aikmel, MTs. N. Wanasaba, dan MTs. N. 3 Lombok Timur saat ini).

    Seiring perubahan nama MTs., Madrasah Aliyah pun ( sebelum menjadi MAN 2 Lombok Timur) mengalami perubahan nama walaupun perubahan nama madrasah Aliyah ini tidak sesering perubahan nama MTs. yang menjadi tempat bernaungnya.

    Pada awalnya Madrasah Aliyah ini bernama MA Ittihadul Islamiyah. Kemudian setelah dinegerikan pada tahun 2003 dengan Nomor SK 558 tahun 2003 dan dusun Beririjarak yang pada mulanya menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Aikmel pada masa itu, masuk menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Wanasaba dalam proses pemekaran wilayah maka Madrasah Aliyah Ittihadul Islamiyah berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri Wanasaba Dengan demikian madrasah aliyah ini mengalami dua kali perubahan nama hingga tahun 2017.

    Dalam perkembangan selanjutnya, muncul lagi perubahan regulasi pemerintah yang melabelkan sekolah maupun madrasah negeri berdasarkan jumlah dan daerah tempatnya berada pada tiap kabupaten maka sekitar tahun 2018 MAN Wanasaba berubah nama lagi menjadi MAN 2 Lombok Timur  ( sebagai madrasah Aliyah negeri urutan kedua setelah MAN 1 Lombok Timur)

    1. Pemikiran Lahirnya MTs. Ittihadul Islamiyah (embrio MAN 2 Lombok Timur)

    Sebagaimana telah diungkapkan bahwa pembicaraan MAN 2 Lombok Timur tidak bisa dipisahkan dengan sejarah lahir dan keberadaan MTs. N. 3 Lombok Timur yang menjadi embrionya. Kedua madrasah negeri yang berdampingan (seolah kakak beradik di lokasi tersebut) terlahir dari pola pikir yang sama  maka membicarakan MAN 2 Lombok Timur tidaklah lengkap tanpa mengaitkannya dengan MTs. N. 3 Lombok Timur. Pada awalnya pun, Madrasah Aliyah ini ( sebelum memiliki gedung sendiri) menempati salah satu gedung MTs. Negeri 3 Lombok Timur alias madrasah aliyah satu atap dengan MTs. Negeri Beririjarak; sebelum menjadi MTs. N. 3 Lombok Timur)

    Adalah sudah menjadi fakta umum bahwa hal-hal besar biasanya terlahir dari pemikiran yang besar pula. Begitupun halnya dengan kelahiran suatu madrasah di tengah-tengah masyarakat. Lebih-lebih madrasah yang dibangun di tengah kultur masyarakat yang beragam seperti di Desa Beririjarak.

    Secara sosiokultural kedua Madrasah ini berdiri di tengah kemajemukan, baik kemajemukan organisasi, ras, maupun budaya. Dari sisi organisasi, MTs. Ittihadul Islamiyah ini berdiri di tengah kelompok organisasi NW, Rabithah, NU, dan As-Sunnah. Kepanatikan pada masing-masing organisasi yang dimiliki tiap kelompok masyarakat tentu menjadi tantangan besar bagi lahir dan berkembangnya MTs. Ittihadul Islamiyah.

    Secara harpiah nama Ittihadul ini bermakna penyatuan atau perpaduan berbagai latar belakang organisasi Islam yang menjadi basis murid sekolah maupun madrasah setempat. Sedangkan Islamiyah ini merupakan identitas umum yang akan diharapkan dapat meleburkan berbagai unsure kepanatikan berorganisasi sehingga muncul menjadi rasa persatuan dalam konteks pemajuan pendidikan Islam. Dengan demikian penamaan Ittihadul Islamiyah ini diharapkan akan meminimalisasi ego kerorganisasian masyarakat setempat dan berubah menjadi penyemangat masyarakat untuk memajukan madrasah ini secara bersama-sama tanpa memandang kelompok organisasi masing-masing yang dianggap ( oleh tokoh pemerhati pendidikan Beririjarak) akan menjadi kendala pemajuan madrasah ini.

    Adapun pemikiran yang melatarbelakangi MTs. Ittihadul Islamiyah maupun Madrasah Aliyah Ittihadul Islamiyah menjelma menjadi MTs. dan MA Negeri adalah realitas perkembangan madrasah ini dari waktu ke waktu yang semakin kurang membahagiakan jika dibandingkan dengan kondisi madrasah maupun sekolah setara lainnya yang sudah bermunculan lagi pada masa itu.  Lebih-lebih jika dibandingkan dengan sekolah negeri di sekitarnya. Hal ini tentu menjadi keprihatinan mendalam bagi tokoh pemerhati pendidikan daerah setempat yang peduli terhadap kemajuan pendidikan maupun kemajuan masyarakatnya. Hal ini diungkapkan oleh Ust. H. Saidi Rafi’I Hamdi, S.Pd. yang juga tokoh masyarakat setempat  “Pada awalnya memang madrasah ini berkembang lumayan. Peserta didiknya pun tak kurang dari 30 bahkan 37 orang perkelas pada tiap rombongan belajar (Rombel). Namun setelah adanya madrasah atau sekolah setara di sekitarnya, jumlah peserta didiknya semakin menurun. Kebanyakan masyarakat memasukkan anak-anaknya ke madrasah atau sekolah setara terdekat,” Jelasnya.

    Tak lama setelah itu, pihak pemerintah setempat, dalam hal ini Departemen Agama   ( sebelum menjadi Kementerian Agama) Kabupaten Lombok Timur , mendapat kesempatan dari pemerintah pusat untuk untuk mendirikan MTs. Negeri maka pihak Instansi Departemen Agama berusaha mencari dan menemukan lokasi yang strategis dengan menghubungi beberapa tokoh agama maupun tokoh masyarakat serta tokoh-tokoh organisasi  sewilayah Lombok Timur. Namun ternyata kesempatan ini mendapat penolakan di berbagai wilayah telah mendirikan yayasan maupun pondok pesantren di seputaran kabupaten Lombok Timur. Dalam kesempatan dan kondisi itulah, tokoh masyarakat, tokoh motivator sekaligus inisiator pendirian MTs. Ittihadul Islamiyah maupun Madrasah Aliyah Ittihadul Islamiyah di Beririjarak (Drs. H. Anang Zainuddin) mengajak  berbagai tokoh agama dan tokoh pemerintah, serta berbagai elemen masyarakat setempat untuk menyambut kesempatan tersebut dengan menyerahkan pengelolaan MTs. Ittihadul Islamiyah  maupun Madrasah Aliyah Ittihadul Islamiyah kepada pihak Instansi Departemen Agama Kabupaten Lombok Timur. Hal ini diupayakan untuk mengejar kemajuan madrasah maupun sekolah lain di sekitarnya.

    Proses penyerahan pengelolaanya kepada pihak pemerintah (dalam hal ini Departemen atau Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur)  ini pun tidaklah semulus yang terbayangkan para tokoh pendidikan maupun tokoh masyarakat daerah setempat melainkan menemukan berbagai kendala yang tidak gampang teratasi. Keberadaannya yang berlokasi di tengah himpitan kepanatikan berorganisasi, kekhawatiran akan hilangnya kesempatan kerja beberapa anggota masyarakat yang telah mengabdi di madrasah yang telah dibangunnya sendiri,  maupun kekhawatiran perkembangannya karena lokasinya yang jauh dari pusat kota, dan tantangan-tantangan lainnya. Namun kembali lagi karena pendekatan humanis religius tokoh masyarakat yang sekaligus tokoh pendidikan daerah setempat, Drs. H. Anang Zainuddin, yang berusaha merangkul, dan memediasi semua pola pemikiran masyarakat dari berbagai kalangan baik yang kontra, pro, maupun yang pesimis hingga pemikiran untuk menyerahkan pengelolaan MTs. Ittihadul Islamiyah kepada pihak instansi Departemen Agama ini menjadi berterima di tengah-tengah masyarakat.

    Untuk memotivasi masyarakat dalam memajukan madrasah ini pun Drs. H. Anang Zainuddin mewakafkan sebagian lahan miliknya untuk pengembangan kemajuan MTs dan MA Ittihadul Islamiyah (sebelum menjadi MTs. N.3 dan MAN 2 Lombok Timur), membangun kesepahaman pemikiran masyarakat, dan memediasi pihak pemerintah dengan masyarakat setempat agar perkembangan madrasah ini bisa berjalan sesuai harapan.

     

    KONDISI REAL MAN 2 LOMBOK TIMUR

    1. Metamorfosis dan Route Menuju MAN 2 Lombok Timur

    Sebagaimana telah diungkapkan MAN 2 Lombok Timur ini pada awalnya bernama MA Ittihadul Islamiah. Setelah diserahkan pengelolaanya kepada Kementerian Agama Kab. Lombok Timur  maka resmi berbubah nama menjadi Madrasah Aliyah Negeri Wanasaba. Selanjutnya pada tahun 2018 berubah lagi menjadi  Madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Timur.

    Adapun route menuju MAN 2 Lombok Timur, jika berangkat dari perempatan Pasar Aikmel lurus kearah Timur pada jalur yang menuju Desa Kembang Kerang Daya. Sampai di Desa Kembang Kerang Daya, tepatnya pertigaan dekat jembatan Dusun Kedatuk, pengunjung belok kiri. Kurang lebih sekitar 2 km perjalanan maka akan dilihat Gedung MAN 2 Lombok Timur dan MTs. N. 3 Lombok Timur yang berdiri megah berdampingan.

     

    1. Identitas Lengkap MAN 2 Lombok Timur
    1. Nama Lengkap : Madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Timur
    2. Kepala : Mehram, S.Pd.
    3. Status Madrasah : Negeri
    4. Status Akreditas : A (BAN)
    5. NPSN : 50222603
    6. NSS : 131152030054
    7. Jenjang : SMA
    8. Kode Post : 83658
    9. Tlp/HP : 081915942163 / 081805241858 / 081992337766
    10. Email :  man2lotim@gmail.com
    11. Alamat : Jalan Pendidikan Desa Beririjarak Kec. Wanasaba Kab. Lombok Timur,   Nusa Tenggara Barat.

     

    1. Peta Lokasi Madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Timur

    Sebagaimana telah diulas sebelumnya bahwa  madrasah ini berlokasi di tempat yang cukup jauh dari pusat kota Kabupaten Lombok Timur. Dari Kota Kabupaten Lombok Timur (Selong) kira-kira berjarak sekitar 20 km. Kemudian dari jalur transportasi umum terdekat, kurang lebih sekitar 2 km. Sebelum di-Hotmix (tahun 2016), jalur menuju ke lokasi ini dapat dikatakan cukup menegangkan. Jalan setapak  yang tidak rata, berdebu, berliku-liku,  dan dipenuhi hamparan kerikil dan bebatuan. Namun geliat pemerintah daerah Lombok Timur yang terus berpikir tentang kemajuan pendidikan, jalur ke lokasi tersebut saat ini telah di-hotmix sehinga menjadi jalur yang sangat menyenangkan untuk dilalui. Kondisi jalur ke lokasinya yang sejak awal memang berliku-liku, kemudian diwarnai deretan pepohonan serta hamparan persawahan menghijaudi kiri-kanan jalan, ditambah lagi dengan tampilan puncak Gunung Rinjani yang dapat terlihat jelas bagi siapa pun yang melewati jalur ini, kini telah berubah menjadi jalur perjalanan yang sangat menyenangkan. Alhasil waktu tempuh ke madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Timur  ini pun bisa dilalui dengan lebih cepat hingga waktu yang diperlukan semakin singkat sebagaimana disaksikan dan dirasakan saat ini.

    Adapun gambaran lokasi MAN 2 Lombok Timur dalam peta Lombok Timur sebagai berikut;

     

    1. Visi-Misi MAN 2 Lombok Timur
      • Visi MAN 2 Lombok Timur 2020-2025

    Visi MAN 2 Lombok Timur yakni mewujudkan peserta didik yang Beriman, Berilmu, Berakhlaqul Karimah, dan Berwawasan Global.

    • Misi MAN 2 Lombok Timur 2020-2025

    Misi yang akan dilakukan dalam rangka mewujudkan visi tersebut adalah;

    1. Menanam dan menumbuhkan wawasan mendalam terhadap agama yang dianut keluarga besar MAN 2 Lombok Timur melalui kegiatan Imtaq rutin setiap pagi.
    2. Memotivasi keluarga besar MAN 2 Lombok Timur untuk meningkatkan wawasan dalam berbagai Ilmu pengetahuan ( Pengetahuan agama dan umum)
    3. Membangun sinergisitas hubungan dengan berbagai tokoh masyarakat maupun pemerintah;
    4. Meningkatkan kualitas sumber daya penggerak yang tersedia;
    5. Membuat perencanaan yang berkemajuan;
    6. Mengikutsertakan peserta didik dalam berbagai even perlombaan;
    7. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai;
    8. Mensosialisasikan kepada masyarakat tentang program pemajuan pendidikan;
    9. Membangun hubungan kemasyarakatan yang harmonis;
    10. Menciptakan lingkungan madrasah free Wifi
    11. Meng-update informasi yang berkaitan dengan kemajuan madrasah, dll
      1. Gedung, Sarana, dan Fasilitas
    12. Kondisi Gedung MAN 2 Lombok Timur

    Sejak diserahkan pengelolaannya kepada Kementerian Agama Kab. Lombok Timur, MAN 2 Lombok Timur tercatat telah mengalami beberapa kali perehaban gedung. Perehaban berat terakhir oleh Kementerian PUPR. Oleh karena itu, tampilan gedung MAN 2 Lombok Timur saat ini dapat dikatakan sudah membahagiakan walaupun masih memerlukan kucuran perhatian pemerintah dalam hal penataan lahan dan taman yang menjadi bagian penting dalam penataan wajah MAN 2 Lombok Timur agar madrasah ini menjadi madrasah yang menyenangkan dalam membina generasi bangsa ke depan.

    1. Jumlah Gedung dan Spesifikasi Pemanfaatannya

    Gedung Madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Timur terdiri delapan unit, selain mushalla, yang tampak tertata seperti letter U jika dilihat dari arah Timur (pinggir jalan).  Adapun spesifikasinya;  Gedung pertama, satu unit,  di bagian tengah dekat gerbang masuk yang terdiri dari 2 lokal dimanfaatkan sebagai ruang Kepala Madrasah dan Tata Usaha. Kemudian Gedung ke-2, satu unit, di bagian utara membujur ke Barat dekat tembok keliling bagian utara yang terdiri dari 5 lokal dimanfaatkan sebagai ruang Aula dan ruang KBM untuk kelas X dan XI-Bhs. Kemudian gedung ketiga yang berada di sebelah barat terdiri dari 2 lokal, dimanfaatkan sebagai Lab. Bahasa dan satu lokal untuk ruang KBM Kls XI-IPS. Selanjutnya Gedung keempat terdiri dari 2 lokal dimanfaatkan sebagai ruang Lab. IPA dan Perpustakaan. Berikutnya Gedung kelima yang terdiri dari 3 lokal dimanfaatkan sebagai ruang Lab. Komputer dan 2 ruang KBM Kls XI-IPS dan Agama. Kemudian gedung keenam, satu unit yang terdiri dari satu lokal tepatnya berada di dekat Mushalla, dimanfaatkan sebagai Kantin Madrasah. Selanjutnya gedung ke-7, tepatnya berada di dekat tembok keliling bagian selatan dekat lapangan, terdiri dari tiga local, dimanfaatkan sebagai ruang KBM untuk Kelas XII-IPS, Bahasa, dan Agama. Terakhir, gedung ke-8, yang berbentul letter L berlorong, terdiri dari lima local, dimanfaatkan sebagai ruang KBM satu local untuk kelas XII-IPA, Satu local untuk Ruang Keterampilan, Ruang BP/BK dan waka satu Lokal, dan 2 lokal sebagai ruang guru.

    1. Denah Tata Ruang Gedung MAN 2 Lotim
      1. Kondisi Sarana dan Fasilitas

    Adapun sarana dan fasilitas yang telah tersedia di MAN 2 Lombok Timur, selain memiliki tiga unit Laboratorium ( Laboratorium IPA, Bahasa, dan Komputer) ada juga ruang UKS, ruang OSIM, fasilitas olah raga yang lengkap, Perpustakaan dan koleksi kepustakaannya yang seimbang dengan volume peserta didik, Kamar mandi, wc, mushalla, apotek hidup, kantin sehat, kebun, taman, dan satu unit kendaraan roda dua. Kemudian MAN 2 Lombok Timur juga memiliki 3 buah lapangan olah raga; yang pertama terletak di tengah-tengah lokasi bangunan yang dijadikan sebagai lapangan serba guna dengan ukuran standar Nasional. Selanjutnya lapangan yang kedua berdada di depan gedung ke-7 dan delapan. Berikutnya lapangan ketiga, yang merupakan eks lapangan pemuda Beririjarak setelah tukar guling dengan madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Timur melalui Bantuan Tambahan Lahan dari pemerintah setempat,  berukuran cukup luas yakni sekitar 600 m2, terletak di luar tembok keliling madrasah bagian selatan, bersebalahan dengan gedung MTs. N. 3 Lombok Timur.

     

    1. Kondisi SDM MAN 2 Lombok Timur
    1. Jumlah dan Kategori SDM

    Sebagaimana halnya di madrasah atau sekolah lainnya, SDM atau  ketenagaan Madrasah ini terdiri dari tenaga pendidikan dan kependidikan serta pegawai. Pada T.P 2023/2024 ini Tenaga Pendidikan, Kependidikan, dan pegawai di Madrasah Aliyah berjumlah 48 orang dengan rincian; 22 guru ASN, 1 guru P3K, 11 Guru Calon P3K, dan 14 tenaga honor (  2 guru dan 12 Tenaga non guru)

    Adapun kategori tupoksinya, SDM MAN 2 Lombok Timur hingga T.P. 2023/2024 ini yakni 1 Kepala Madrasah, 30 Tenaga Pengajar,  7 Tenaga Tata Usaha, 1 Satpam, 1 Penjaga, 3 Pegawai, dan 2 Clearning Servis (CS).

     

    1. Kualifikasi Pendidikan

    Selanjutnya kualifikasi SDM atau Ketenagaan di MAN 2 Lombok Timur pada umumnya strata satu dan strata dua atau pasca sarjana. Tenaga pendidikan yang telah menjalani pendidikan strata dua (S-2) hingga saat ini (tahun 2023) kurang lebih sekitar 12 orang dari 20 tenaga pendidikan ASN dan 14 tenaga yang non ASN. Kemudian tenaga kependidikan yang ASN berjumlah sekitar 3 Orang dan yang non ASN sekitar 11 Orang.

    Adapun nama-nama tenaga pendidikan dan kependidikan serta kualifikasi pendidikannya di MAN 2 Lombok Timur saat ini sebagai berikut;

    NO NAMA / PGKT-GOL L/P PENDIDIKAN JABATAN
    1 Mehram, S.Pd. /  IV-a L S-2 KEPALA MADRASAH
    2 Hajji Muhsin, M.Pd.  / IV-a L S-2 Kepala TU
    3 M. Yusri, S.S. M.Pd.  / IV-a L S-2 Guru ASN Sertif /Waka Kurikulum
    4 Azanul Haq, S.Ag . M.Pd  / IV-a L S-2 Guru ASN Sertif/Waka sSarana
    5 Mazaharuddin, S.Ag. / IV-a L S-1 Guru ASN Sertif/Waka Humas
    6 Apnadi, S.Pd. M.Pd. / IV-a L S-2 Guru ASN Sertif /Wakasis
    7 Muh. Haromain, S.E./III-c L S-1 Bendahara Rutin
    8 H.Muksan, S.Pd. M.Pd../ IV-a L S-2 Guru ASN Sertifikasi
    9 Fathul Arifin, S.Ag. / IV-a L S-1 Guru ASN Sertifikasi
    10 Muhayan, S.Ag.M.Pd. / III-d L           S-2 Guru ASN Sertifikasi
    11 Nurman, S.Pd. / III-d L S-1 Guru ASN Sertif/Kpl. Lab.Komp
    12 L. M. Zainuddin, S.E. / IV-a L S-1 Guru ASN Sertifikasi
    13 L. Zulkifli, S.Pd. M.Pd. / III-d L S-2 Guru ASN Sertifikasi
    14 Fahilwati, S.Pd. / III-c P S-1 Guru ASN Sertif/Kpl Lab.IPA
    15 Bq. Dewi Ratnasari, S.Sos.I / III-c P S-1 Guru ASN/Kepala Perpustakaan
    16 Ruslan, S.Pd. / III-a L S-1 Guru ASN
    17 Dian Aprila Diniarti, M.Pd. / III-a P S-2 Guru ASN
    18 Suriati, S.Pd. M.Pd. / III-a P S-2 Guru ASN
    19 Arya Gustu Pradana, S.Pd. M.Pd. L S-2 Guru ASN
    20 Nur Fitri Hidayati, S.Pd. / III-a P S-1 Guru ASN
    21 Khotibul Umam, S.Pd. M.Pd / III-a L S-2 Guru ASN
    22 Zamzani Azwar, S.Pd.I / III-a L S-1 Guru ASN
    23 Lalu Eka Kurniawan, S.P./III-c L S-1 Staf TU
    24 Mudepan, S.Ag. L S-1 Guru Non ASN Sertifikasi
    25 Rokyatul Azmi, S.Pd. L S-1 Guru P3K Sertifikasi
    26 Nihun, S.Pd.I L S-1 Guru Non ASN Sertifikasi
    27 L. Moch. Alviadi, S.Pd. L S-1 Guru Non ASN, Non sertifikasi
    28 M. Zulkifli, S.Pd.I L S-1 Guru Non ASN Sertifikasi
    29 Syahril, S.Pd. L S-1 Guru Non ASN Sertifikasi
    30 Bq. Rosmala Dewi, S.Pd. P S-1 Guru Non ASN, Non sertifikasi
    31 Safariah, S.Pd. P S-1 Guru Non ASN, Non sertifikasi
    32 Diana Rahayu, S.Pd. P S-1 Guru Non ASN, Non sertifikasi
    33 Mujiburrahman, S.Pd. L S-1 Guru Non ASN, Non sertifikasi
    34 Saeful, S.Pd. L S-1 Guru Non ASN, Non sertifikasi
    35 Fathurrahman, S.Pd. L S-1 Guru Non ASN, Non sertifikasi
    36 Miftahul Jannah, S.Pd P S-1 Guru Non ASN, Non sertifikasi
    37 Hidayatul Adniyah, S.Pd. P S-1 Guru Non ASN, Non sertifikasi
    38 Wenti Anggraeni P S-1 ( Proses) STAF TU
    39 Marten Ariawan, S.Pd.. L S-2 ( Proses) STAF TU
    40 Marjun L MA STAF TU
    41 M. Fathul Yasin P, S.E. L S-1 STAF Perpustakaan
    42 Marjan L MA STAF Lab. Komputer
    43 Bq. Uswatun Hasanah P MA STAF Lab. Bahasa
    44 Bq. Faidatun Zurraini P MA Pramusaji
    45 L. Sahabuddin L MA SATPAM  (Pegawai Satpam)
    46 Sopian Sauri L MA PEGAWAI  (Pegawai CS)
    47 L. Nizamuddin L MA SATPAM  (Pegawai CS)
    48 Muhsinin L SD PENJAGA  (Pegawai Jaga )

     

    1. Kondisi Real Peserta Didik

    Peserta didik MAN 2 Lombok Timur pada Tahun Pelajaran 2023/2024 kurang lebih 262 orang yang terdiri dari 127 laki dan 135 wanita. Peserta Didik pada umumnya berasal dari dusun atau desa setempat ditambah dengan yang berasal dari desa lainnya yang berjumlah kurang lebih 20 % dari jumlah keseluruhan peserta didik. Jumlah peserta didik sedikit meningkat sekitar 4.8 % dari Tahun Pelajaran sebelumnya karena bertambahnya peminat yang masuk sekolah maupun madrsah kecatamatan maupun desa sekitarnya.

     

    Adapun gambaran jumlah peserta didik T.P. 2023/2024 dapat dilihat pada tabel;

     

    No

     

    Kelas

    Jumlah peserta didik tiap kelas atau jurusan TOTAL

    JUMLAH

    A &IPA Jml B&IPS Jml C&BHS Jml D&AGM Jml
    L P L P L P L P L P
    1 X 9 12 21 8 13 21 7 14 21 8 14 22 32 53
    2 XI 10 11 21 13 11 24 11 9 20 18 7 25 52 38
    3 XII 13 9 22 7 16 23 9 11 20 14 8 22 43 44
    JML 12

    Rombel

    32 32 64 28 40 68 27 34 61 40 29 69 127 135
             TOTAL KESELURUHAN PESERTA DIDIK T.P. 2023/2024 262

     

    1. Program Kegiatan MAN 2 Lombok Timur

    Selain kegiatan kokurikuler, Intrakurikuler sebagaimana halnya program di sekolah atau madrasah lainnya, MAN 2 Lombok Timur juga memprogramkan kegiatan ekstrakurikuler yang tidak sedikit. Semua kegiatan ini di samping bertujuan menyediakan kesempatan bagi peserta didik untuk mengasah dan meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilannya, juga membangun wadah peningkatan kualitas di luar jam efektif. Kemudian juga agar dapat meminimalisasi tingkat kejenuhan peserta didik terhadap kegiatan KBM rutin yang dilaksanakan setiap hari.

    Adapun kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang diprogramkan pada T.P. 2023/2024 tersebut yakni OSIM, UKS, PMR, KIR, kepramukaan, Olah raga, Jurnalistik, Seni Bela Diri, dan Seni Drama Teater (Sanggar Seni). Selanjutnya untuk menyediakan kesempatan bagi peserta didik dalam meningkatkan kualitas peserta didik dalam bidang akademik dan kemahiran berbahasa asing, MAN 2 Lombok Timur juga menyediakan program ekstrakurikuler Matematika Club, Kimia Club, Fisika Club, Biologi Club, Ekonomi Club, Geografi Club, Arabic club, dan Englih Club.

     

    1. Prestasi MAN 2 Lombok Timur

    Walaupun lokasi madrasah ini terkesan termarjinalkan  dan  peserta didik yang masuk ke madrasah ini bukan merupakan hasil seleksi namun prestasi yang pernah diraih madrasah ini tidak kalah dengan sekolah ataupun madrasah lain yang lebih maju. Bahkan dalam catatan sejarah, peserta didik di madrasah ini pernah berhasil meraih juara KSM Tingkat Provinsi NTB dan merebut kesempatan ikut seleksi nasional dalam KSM bidang Fisika dan Aksioma cabang Bulu Tangkis.  Kemudian pada tahun 2019 berhasil lagi meraih peringkat II dalam lomba sekolah sehat tingkat provinsi NTB. Selanjutnya, hasil evaluasi peserta didik pada ujian madrasah sekitar tahun 2019, nyaris dapat menyamai rata-rata nilai peserta didik madrasah maju lainnya yang melakukan seleksi ujian masuk input madrasah. Kemudian pernah juga masuk kategori peringkat 10 Besar dalam ujian madrasah tahun 2019. Tentu hal ini cukup membanggakan bagi pendidik maupun tenaga kependidikan MAN 2 Lombok Timur melihat kondisi input yang dibina selama ini jauh dari kelayakan. Jika sekolah atau madrasah lain yang lebih maju mendapatkan peserta didik dari hasil seleksi maka peserta didik MAN 2 Lombok Timur umumnya hasil sorokan (semua boleh masuk asal sesuai ketentuan).

    Adapun gambaran sebagian prestasi yang pernah diraih peserta didik MAN 2 Lombok Timur selama ini 3 tahun terakhir dapat terlihat pada tabel berikut:

    NO. JUARA JENIS LOMBA TINGKAT TAHUN PENYELENGGARA
    1 I Lomba Vidio Vlog Madrasah Tkt. MA KAB. Lotim 2021 PAN. HAB. Kemenag. Lotim
    2 IV KSM Ekonomi KAB. Lotim 2021 PAN KSM Tk. Kab. Lotim
    3 I Lomba Futsall KAB. Lotim 2021 BEM Stikes Hamzar (FKOM)
    4 III KSM KIMIA terintegrasi KAB. Lotim 2022 PAN KSM Tk. Kab. Lotim
    5 Hrpn II KSM GEOGRAFI terintegrasi KAB. Lotim 2022 PAN KSM Tk. Kab. Lotim
    6 I OLIMPADE BAHASA ARAB KAB. Lotim 2022 PAN Olimpiade B. Arab. Nasional
    7 II Sepak Takraw Putri Kab. Lotim 2022 Panitia Olah raga Pelajar Lotim
    8 II Sepak Takraw Putra Kab. Lotim 2022 Panitia Olah raga Pelajar Lotim
    9 Peserta Terpilih Porprov Sepak Takraw Putri NTB 2023 PANSEL Tk.Provinsi NTB
    10 II Sepak Takraw Putri Kab. Lotim 2023 Panitia HUT Ke-31 Semanji
    11 Medali Perak Indonesian Subject Nasional 2023 Indonesian Science Language Olimpiyad GYPEM
    12 Medali

    Perunggu

    Al-Qur’an Hadits Nasional 2023 National Islamic Olympiad II
    13 III KSM Matematika  terintegrasi KAB. Lotim 2023 PAN KSM Tk. Kab. Lotim
    14 Hrpn II KSM Geografi terintegrasi KAB. Lotim 2023 PAN KSM Tk. Kab. Lotim

     

    1. Riwayat Kepemimpinan dan Alumni hingga tahun 2023
    1. Riwayat kepemimpinan

    Sejak didirikan tahun 1998 hingga tahun 2021, MAN 2 Lombok Timur telah mengalami 7 kali pergantian periode kepemimpinan dengan durasi kepemimpinan yang berbeda-beda. Dalam 7 kali pergantian (setelah madrasah ini berstatus negeri) hingga tahun 2021, tercatat hanya pemimpin yang kedua yang sampai satu periode yakni 5 tahun.

    Adapun riwayat kepemimpinan MAN 2 Lombok Timur  setelah dikelola oleh Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur tergambar pada tabel sebagai berikut:

     

    No.

     

    Nama Kepala

    Masa Menjabat      Ket.
    Mulai Berakhir
    1. Drs. Badrin 2003 2005  2 Tahun
    2. Drs. H. Arifin 2005 2010  5 Tahun
    3. Drs. H. Fihiruddin 2010 2013  3 Tahun
    4. Drs. H. Shilmi 2013 2015  2 Tahun
    5. Drs. H. Hasanusshulhi, M.Pd. 2015 2016  1 Tahun
    6. H. Shulhi, S.Pd. 2016 2019  4 Tahun
    7. Mehram, S.Pd. 2019

     

     

     

    1. Riwayat Alumni

    Alumni MAN 2 Lombok Timur hingga tahun 2023 sebanyak 1.301 Orang. Jumlah ini jika dirata-ratakan maka tiap tahun MAN 2 Lombok Timur memiliki output sekitar 83 Orang. Kemudian riwayat pendidikan lanjutan alumni MAN 2 Lombok Timur dapat dikatakan mampu bersaing dengan alumni MA maupun SMA lainnya. Hal ini terbukti dari jumlah alumni yang berhasil masuk perguruan tinggi ternama di NTB maupun di Kota-kota besar lainnya seperti UNRAM, UIN, UNUD, dan UAD, dan berbagai Akademi. Alumni MAN 2 Lombok Timur juga tercatat pernah mengungguli Madrasah Negeri lain di Lombok Timur dalam hal pesentase  keberhasilan peserta didiknya yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNPTN. Dikatakan demikian, pada tahun 2015, dari 15 peserta yang mendaftar lewat jalur SNPTN, hanya 2 orang yang dinyatakan gagal. Hal ini menunjukkan bahwa alumni MAN 2 Lombok Timur dapat bersaing dengan sekolah maupun madrasah lain di NTB.

    Pada tahun 2018/2019, dari 87 orang alumni, sekitar 50 orang yang melanjutkan pendidikan ke berbagai perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. Selanjutnya pada T.P. 2019/2020, alumni yang berhasil masuk perguruan tinggi sekitar 70 % dari seluruh alumni (sekitar 60 Orang ) yang tamat dan lulus tahun tersebut. Kemudian pada T.P. 2020/2021 alumni MAN 2 Lombok Timur yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta sekitar 70 Orang dari sekitar 91 Orang yang lulus dan tamat. Selanjutnya pada T.P. 2021/2022 alumni MAN 2 Lombok Timur yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta sekitar 80 Orang dari sekitar 89 Orang yang lulus dan tamat. Terakhir Alumni MAN 2 Lombok Timur sebanyak 76 Orang, 14 diantaranya berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui seleksi jalur prestasi. Dan lainnya menyebar di Perguruan tinggi sekitarnya

     

    1. PENUTUP

    Walau berlokasi terkesan termarginalkan namun Madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Timur  tidak kalah dengan madrasah atau sekolah lainnya. Madrasah ini akan terus berbenah diri dalam berbagai segi untuk memberikan palayanan masyarakat ke arah yang lebih baik pada masa datang. Dalam mewujudkan harapan besar pemerintah dan masyarakat, pihak madrasah akan terus berupaya membangun sinergisitas dan konektivitas dengan berbagai elemen maupun instansi terkait. Akhirnya, sebesar dan setinggi apapun harapan perbaikan dan pembenahan tanpa dukungan semua pihak maka keberhasilan sulit tercapai.