Info Sekolah
Rabu, 17 Apr 2024
  • Visi: Beriman, Berilmu, Berakhlakul Karimah, dan Berwawasn Global

Program Literasi Al-Qur’an MAN 2 Lombok Timur

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kamis, 07 April 2022 bertepatan dengan 05 Ramadhan 1443 Hijriah, siswa MAN 2 Lombok Timur melaksanakan program Literasi Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Pagi itu, para siswa berkumpul di musholla MAN 2 Lombok Timur. Masing-masing siswa telah membawa mushaf Al-Qur’an kesayangannya. Hari itu menjadi hari pertama pembukaan kegiatan Literasi Al-Qur’an yang akan dilaksanakan secara rutin pada bulan puasa.

Semua civitas akademika MAN 2 Lombok Timur mengambil peran dalam kegiatan ini, mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan bahkan kepala madrasah terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan. Mereka inilah yang akan membimbing dan mengarahkan para siswa dalam pelaksanaan kegiatan Literasi Al-Qur’an. Kegiatan Litetasi Al-Qur’an di awali dengan sholat Dhuha dan doa bersama.

Kepala MAN 2 Lombok Timur memberikan sambutan dan pengarahan di sela acara. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua yang telah terlibat dan mengambil peran dalam menyukseskan kegiatan Literasi Al-Qur’an. Beliau berharap semoga kegiatan ini menjadi wujud kecintaan kita terhadap Al-Qur’an.

Para siswa dikelompokkan menjadi 30 kelompok sesuai Juz dalam Al-Qur’an. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 sampai 7 siswa dengan dua pembimbing. Setiap kelompok akan mendapatkan bagian membaca satu juz secara muqoddaman, yaitu membaca Al-Qur’an secara bersama-sama. Mereka didampingi oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Para siswa tersebut secara khusyuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Dengan pelaksanaan program Literasi Al-Qur’an ini, setiap hari MAN 2 Lombok Timur khatam Al-Qur’an selama bulan Ramadhan.

Lebih dari itu, program Literasi Al-Qur’an ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Mendorong siswa untuk membiasakan diri tadarrus Al-Qur’an sesuai dengan kaidah membaca Al-Qur’an yang benar. Dan yang lebih utama adalah memotivasi siswa untuk menumbuhkan karakter religius yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga semarak literasi Al-Qur’an di bulan Ramadhan menjadi tonggak lahirnya generasi-generasi qurani yang tiada henti membaca dan mempelajari Al-Qur’an sebagai sumber segala ilmu pengetahuan.

(Tim Jurnalistik MAN 2 Lombok Timur)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar