Info Sekolah
Sabtu, 20 Apr 2024
  • Visi: Beriman, Berilmu, Berakhlakul Karimah, dan Berwawasn Global

MATSAMA MAN 2 Lombok Timur Tahun Pelajaran 2021/2022 Patuhi Standar Protokol Kesehatan

Diterbitkan : - Kategori : Berita
Foto : Dok Jurnalistik MAN 2 Lotim


Humas MAN 2 Lotim | Peserta didik baru telah tiba di madrasah, mereka datang dengan mengenakam masker. Hawa pagi khas pegunungan yang dingin tidak sedikit pun menyurutkan semangat mereka untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang akan mereka ikuti di MAN 2 Lombok Timur. Senin, 12 Juli 2021 bertepatan dengan 02 Dzulhijah 1442 Hijriah adalah hari pertama pelaksanaan kegiatan MATSAMA atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah untuk Tahun Pelajaran 2021/2022.

Di halaman depan madrasah, mereka telah disambut oleh Bapak/Ibu Guru. Sebelum memasuki lingkungan madrasah, para peserta didik baru diukur suhu tubuh masing-masing. Ini adalah prosedur pertama standar protokol kesehatan yang dilakukan dalam upaya pencegahan Covid-19. Siswa-siswi yang tergabung dalam OSIM MAN 2 Lombok Timur dengan penuh disiplin mengarahkan para peserta didik baru untuk mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Foto : Dok Jurnalistik MAN 2 Lotim

Para peserta didik baru berkumpul di lapangan MAN 2 Lombok Timur. Mereka berbaris dengan rapi dan mengatur jarak sesuai jarak aman. Kegiatan pertama yakni Upacara Bendera sekaligus pembukaan kegiatan MATSAMA Tahun Pelajaran 2021/2022. Bapak Mehram, S.Pd., Kepala MAN 2 Lombok Timur bertindak langsung sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan MATSAMA dengan baik dan dengan standar protokol kesehatan yang sesuai. Beliau mengucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara dan anggota OSIM MAN 2 Lombok Timur atas kesigapan mengarahkan peserta didik mematuhi protokol kesehatan, seperti dalam mengenakan masker dan kedisiplinan mencuci tangan. Di dalamnya beliau juga berpesan kepada peserta didik baru agar lebih tangguh dan tidak mudah menyerah dengan pandemi, terutama dalam belajar. Peserta didik baru harus siap dan sigap dalam melaksanakan proses pembelajaran, baik secara tatap muka terbatas (luar jaringan) maupun terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya (dalam jaringan). Kepala Madrasah juga berpesan kepada peserta didik baru untuk mengembangkan potensi yang ada, baik di bidang akademik, olahraga, maupun di bidang lainnya.

Foto : Dok Jurnalistik MAN 2 Lotim

Terlaksananya kegiatan MATSAMA di MAN 2 Lombok Timur mengacu pada Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat nomor B-3016/Kw. 18.02/1/PP.01/07/2021 dan Surat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur nomor B-2618/KK/18.03/2/PP.00/07/2021 prihal penekanan penerimaan peserta didik baru dengan pertimbangan ketersediaan sumber daya, kondisi sumber siswa, dan status daerah terkait penyebaran Covid-19. Kegiatan MATSAMA ini juga bekerja sama dengan pihak Puskesmas Karang Baru. Perwakilan Puskesmas Karang Baru akan membawakan materi terkait Pola Hidup Bersih dan Sehat dan Upaya Dini Pencegahan Covid-19.

Pelaksanaan kegiatan MATSAMA di MAN 2 Lombok Timur diharapkan bisa menjadi sarana efektif untuk pengenalan lingkungan madrasah, sistem akademik, dan pengembangan diri peserta didik baru. Hal yang tidak kalah utama yakni menjadikan madrasah sebagai wahana efektif pembentukan karakter dan kepribadian peserta didik baru.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar