Info Sekolah
Sabtu, 20 Apr 2024
  • Visi: Beriman, Berilmu, Berakhlakul Karimah, dan Berwawasn Global

ANIMO BELAJAR DARING PESERTA DIDIK MAN 2 LOMBOK TIMUR SANGAT MEMBAHAGIAKAN

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kegelisahan dan kecemasan yang berujung membahagiakan. Ungkapan ini paling pass untuk menggambarkan Susana perasaan Dewan Guru terkait penerapan pembelajaran Daring yang dilaksanakan di MAN 2 Lombok Timur. Sebagaimana hasil koordinasi di Wilayah Kementerian Agama Kab. Lombok Timur dalam menyikapi merebaknya Pandemi Covid 19, Kementerian Agama Kab. Lombok Timur secara umum menerapkan kebijakan KBM Daring. Menindaklanjuti kebijakan ini, MAN 2 Lombok Timur mulai menerapkan KBM Daring pada hari, Senin, 09 Agustus 2021.

Penerapan KBM Daring di MAN 2 Lombok Timur ini memang terkesan agak terlambat dari seharusnya. “Memang mungkin penerapannya di sini terlambat dari yang seharusnya. Semestinya kita sudah belajar Daring, mulai Sabtu ini, namun koordinasi antarkita dan wali murid menjadi penentu kesuksesan setiap kebijakan yang kita terapkan. Gak apa-apa terkesan terlambat asal selamat,”Jelas Kepala MAN 2 Lombok Timur pada rapat koordinasi internal madrasah, Sabtu, 07 Agustus 2021. Dalam kesempatan koordinasi itu pula, Beliau, Kepala MAN 2 Lombok Timur langsung memerintahkan Wakil Kepala bagian ke-Humasan, untuk segera menyurati semua wali murid terkait KBM Daring yang mulai diterapkan.

Harus diakui bahwa penerapan system KBM Daring di MAN 2 Lombok Timur menimbulkan kegelisahan di kalangan Dewan Guru. Hal ini disebabkan kondisi lingkungan, Keterbatasan media peserta didik, maupun kondisi umum perekonomian orang tua atau wali murid MAN 2 Lombok Timur yang kurang mendukung terlaksananya system ini. Namun, setelah lima hari penerapan system pembelajaran ini, kegelisahan Dewan guru justru berbalik menjadi kebahagiaan. Realita menggambarkan bahwa peserta didik MAN 2 Lombok Timur sangat antusias mengikuti pembelaran Daring.

Berdasarkan hasil monitoring aktivitas peserta didik melalui E-Learning MAN 2 Lombok Timur, salah satu di antaranya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, volume aktivitas peserta didik umumnya tiga bahkan empat kali lipat dari jumlah peserta didik yang tergabung dalam tiap pertemuan. Salah satu contoh misalnya, Kelas XII-Agama yang berjumlah sekitar 25 orang, hingga hari ke-5, aktivitas yang terekam dalam elearning MAN 2 Lombok Timur terpantau 207 kali. Kemudian kelas XII-IPA yang hanya berjumlah 21 Orang, terpantau 211 aktivitas. Selanjutnya kelas XII-IPS yang berjumlah 22 orang terpantau 157 aktivitas, dan kelas XII-Bahasa yang berjumlah 23 orang terpantau 61 Aktivitas peserta didik. Dengan demikian, antusias peserta didik MAN 2 Lombok Timur tergolong memabahagiakan dalam mengikuti pembelajaran Daring. ( Humas, MAN 2 Lombok Timur).

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar